PERAN PRODUK NASA MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME

PERAN PRODUK NAS MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME

PERAN PRODUK NASA MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME
Pada awal kemunculannya udang Vaname (Littopenaeus vannamei ) atau udang putih ini cukup bisa diandalkan karena  dayatahan tubuh dan angka kehidupannya yang baik. Namun seiring dengan merebaknya budidaya udang ini,akhirnya muncul juga penyakit yang  menyerangnya. Salah satunya adalah penyakit berak putih ( WFD= White Feces Desease ).

Penyakit udang ditandai dengan munculnya kotoran putih yang biasanya mengambang di permukaan air ini pada umumnya diawali dengan menurunnya kualitas lingkungan budidaya. Maka disinilah dibutuhkan peran produk NASA di bidang perikanan yaitu paket lengkap TON,TANGGUH PROBIOTIK, POC NASA dan VITERNA.
TON dan TAPRO Sebagai Pengendali Kualitas Lingkungan
Produk NASA yang berfungsi untuk pengelolaan lingkungan sehingga bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat lingkungan tambak yang tidak baik adalah TANGGUH PROBIOTIK (TAPRO) dan Pupuk TAMBAK ORGANIK NUSANTARA (TON).
Selama budidaya berlangsung akan terjadi masuknya berbagai bahan organik ke dalam tambak yang berasal dari pakan pakan yang tidak termakan,kotoran udang,udang yang mati dan plankton yang mati. Limbah organik tersebut dalam proses biologisnya akan menghasilkan senyawa yaitu NH3 (amoniak) maupun Hidrogen Sulfida ( H2S) yang kedua senyawa tersebut bersifat racun untuk udang. Kandungan kedua senyawa  tersebut yang tinggi merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit WFD tersebut.
PERAN PRODUK NAS MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME

TAPRO merupakan produk Probiotik yang berisi berbagai jenis bakteri menguntungkan yaitu jenis Lactobacillus sp ( 2,5x 107 cfu/ml ),Azotobacter sp ( 1,31 x 106 cfu/ml ),Streptomyces sp ( 1,42 x 106 cfu/ml ), Saccharomyces sp ( 8,2 x 107 cfu/ml ), Aspergillus sp (1,90 x105 cfu/ml ) dan Tricordema sp ( 2,80 x 105 cfu/ml ). Berbagai jenis bakteri menguntungkan tersebut bisa mencegah tingginya konsetrasi senyawa Amonika dan Hidrogen sulfida.
Sedangkan Produk TON mengandung berbagai unsur meniral penting dalam bentuk ionik dan asam-asam organik yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi pakan alami udang yaitu plankton sehingga ketersedian pakan alami terjaga selama proses budidaya. Tingginya populasi plankton juga akan menjaga oksigen terlarut di air tambak,sehingga mencegah munculnya kedua senyawa beracun tadi.
Selain kandungan unsur-unsur mineral penting,kandungan lain yang lebih besar gunanya adalah asam-asam organik berupa asam Humat dan asam Vulvat. Kedua asam organik ini berperan dalam menetralkan senyawa beracun yang terbentuk,mengikat logam berat dan bahan pencemar lain yang masuk ke tamabak budidaya.

VITERNA & POC NASA Sebagai Penjaga Nutrisi
Selain kedua produk tadi,produk yang penting lagi untuk budidaya udang Vaname adalah produk Suplemen Pakan yaitu VITERNA dan POC NASA yang digunakan dengan cara dicampur pakan pelet udang. Penambahan dalam pakan kedua produk tersebut akan meningkatkan nutrisi bagi udang dan meningkatkan efisiensi pencernaan pakan sehingga udang akan mendapatkan nutrisi yang tinggi. Hal ini berperan dalm peningkatan daya  tahan tubuh udang sehingga juga akan mengurangi dampak serangan penyakit.
Penggunaan paket komplit Produk NASA tersebut telah terbukti mampu meningkatkan hasil produksi udang vaname di berbagai daerah.
PERAN PRODUK NASA MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "PERAN PRODUK NASA MENCEGAH PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG VANAME"