DAHSYAT !! DENGAN CARA INI PERTANIAN NANAS PANEN MENINGKAT PESAT !



CARA DAHSYAT MENINGKATKAN HASIL PANEN NANAS


Semangat Pagi para  sahabat tani Indonesia !

Di kesempatan ini kami ingin berbagi artikel tentang Cara Dahsyat Meningkatkan Hasil Panen NANAS. Baik langsung saja kita bahas..


A. PENDAHULUAN 

BUAH NANAS

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) yaitu sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili- Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai ' pineapple ' karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' diambil dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) yang merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom               :         Plantae
(tidak termasuk)    :         Angiospermae
(tidak termasuk)    :         Monokotil
(tidak termasuk)    :         Commelinids
Ordo                     :         Poales
Famili                    :         Bromeliaceae
Subfamili               :         Bromelioideae
Genus                   :         Ananas
Spesies                 :         A. comosus
Nama binomial      :         Ananas comosus (L.) Merr.
Sinonim                 :         Ananas sativus


Berbagai kandungan gizi dalam buah nanas  antara lain:


  •  Energi jumlah dalam 100 gr                   :       57,00 kal
  •  Protein jumlah dalam 100 gr                  :       0,40 gr
  •  Lemak jumlah dalam 100 gr                   :       0,20 gr
  •  Karbohidrat jumlah dalam 100 gr           :       13,50 gr
  •  Kalsium jumlah dalam 100 gr                 :       18,00 mg
  •  Fosfot jumlah dalam 100 gr                    :       33,03 mg
  •  Besi jumlah dalam 100 gr                       :       0,30 mg
  •  Aktivitas retinol jumlah dalam 100 gr      :       39,00 gr
  •  Vitamin B 1 jumlah dalam 100 gr            :       0,08 mg
  •  Vitamin C jumlah dalam 100 gr               :       24,00 mg
  •  Air jumlah dalam 100 gr                           :      85,90 gr

Di Indonesia sendiri, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana. 



B. SYARAT TUMBUH


IKLIM Dan SUHU


1. Tanaman nanas bisa  tumbuh pada keadaan iklim basah maupun kering.

2. Pada umumnya tanaman nanas ini toleran terhadap kekeringan serta memiliki kisaran curah hujan yang luas sekitar 1.000-1.500 mm/tahun. Akan tetapi tanaman nanas tidak toleran terhadap hujan salju dikarenakan suhunya rendah.

3. Tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik dengan cahaya matahari rata-rata 33-71% dari kelangsungan maksimumnya, dengan angka tahunan rata-rata 2.000 jam.

4. Suhu yang baik untuk budidaya tanaman nanas yaitu 23-32 derajat C, tetapi juga dapat hidup di lahan bersuhu rendah sampai 10 derajat C.



MEDIA PENANAMAN 


1. Umumnya hampir semua jenis tanah yang digunakan untuk pertanian cocok untuk tanaman nanas. Meskipun demikian, lebih cocok pada jenis tanah yang mengandung pasir, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik serta kandungan kapur rendah.

2. Derajat keasaman yang cocok yaitu dengan pH 4,5-6,5. Tanah yang banyak mengandung kapur (pH lebih dari 6,5) menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan klorosis. Sedangkan tanah yang asam (pH 4,5 atau lebih rendah) mengakibatkan penurunan unsur Fosfor, Kalium, Belerang, Kalsium, Magnesium, dan Molibdinum dengan cepat.

3.  Air juga sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman nanas untuk penyerapan unsur-unsur hara yang dapat larut di dalamnya. Aerasi dan drainasenya harus baik, sebab tanaman yang terendam akan sangat mudah terserang busuk akar. Nanas sangat suka jika ditanam di tempat yang agak miring, sehingga begitu ada air yang melimpah, begitu cepat pula tanah tersebut menjadi kering.



KETINGGIAN LAHAN TANI 


Nanas sangat cocok ditanam di ketinggian 800-1200 m dpl. 
Pertumbuhan yang optimum tanaman nanas antara 100-700 m dpl.



C. TEKNIS PENANAMAN BUAH NANAS


1. PEMILIHAN BIBIT BUAH NANAS

Bibit nanas diperoleh dari anakan nanas yang disebut vegetataif dan dari biji nanas atau generativeCara vegetative yang diambil adalah , tunas akar , tunas batang,tunas buah ,mahkota buah dan stek batang . tapi untuk  yang kedua jarang digunakan karena memerlukan waktu yang lama. Untuk mendapatkan bibit yang baik maka harus memilih dari tanamn induknya yang sehat, daun yang tebal, tidak cacat , tidak bekas terkena serangan penyakit.


2. PERSIAPAN LAHAN TANI

    Lahan disiapkan yaitu kebun atau tegalan  di gemburkan ,kemudian tebar pupuk kandang / bokashi dengan dosis 10 ton per hektar. Buat bedengan dengan lebar 80 cm – 110 cm , jarak bedengan100 cm, tinggi bedengan 30 cm.


3. PENANAMAN BUAH NANAS

Penentuan Pola Tanam

Pola tanam merupakan pengaturan tata letak tanaman dan urutan jenis tanaman dengan waktu tertentu, dalam kurun waktu satu tahun.
Dalam teknik penanaman nanas ini ada beberapa sistem tanam, yaitu dengan : 



  •  Jarak Tanam 150 x 150 cm baik dalam maupun antar barisan; 90 x 30 cm jarak dlm  barisan 30 cm, dan jarak antar barisan adalah 90 cm. 
  •  Jarak Tanam 60 x 60 cm, dan jarak antar barisan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan adalah 150 cm .
  •  Jarak Tanam 45 x 30 cm, dan jarak antar barisan tanaman sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan tanaman adalah 90 cm. 
  •  Jarak  Tanam 30 x 30 cm membentuk segitiga sama sisi dengan jarak antar barisan sebelah kiri/ kanan dari 3 barisan tanaman: 90 cm .
  •  Jarak Tanam 40 x 30 cm dengan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 3 barisan adalah 90 cm.
  •  Jarak Tanam 30 x 30 cm dan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 4 barisan tanaman 90 cm.








Catatan : Penanaman  nanas paling efektif dilakukan  pada awal musim hujan  agar pertumbuhan cepat dan seragam .Pertama –tama  membuat lubang pada bedengan dengan cangkul/ gancu dengan ukuran 30 x 30 x30 .Masukan bibit nanas yang telah dipilih / diseleksi dengan baik satu biji bibit per lubang , kemudian timbun dengan tanah dan injak agar bibit tertancap dengan baik dan tidak mudah roboh,kemudian lakukan penyiraman hingga basah dan merata.


4.  PEMUPUKAN 

Gunakan pupuk NASA agar hasil panen bisa lebih dahsyat, adapun cara menggunakan pupuk NASA  pada tanaman nanas adalah dengan cara diencerkan terlebih dahulu lalu kemudian di siramkan pada tanaman dan tidak untuk di semprotkan. 

Bisa juga dengan membuat larutan, caranya adalah sebagai berikut:

  • 1 botol Power Nutrition dilarutka dalam 3 liter air jadi larutan induk.
  • Dari larutan tersebut dapat di ambil sekitar 600cc untuk 50 liter air disiramkan antara 5-10 liter per pohon.
  • Kemudian satu minggu sekali selama 3 minggu berturut-turut. tanaman di siram air biasa ( tidak pakai Power Nutrition dimana penyiraman ini dilakukan pada musim kemarau, tapi jika penyiraman itu di lakukan pada musim hujan, tidak perlu ada penyiraman susulan.
  •  Untuk diameter batang 5-30 cm satu botol 500 gram untuk kurang lebih 15 pohon dengan pengurangan pupuk NPK maksimal 75%.

  •  Untuk diameter batang lebih dari 30cm : satu botol 500 gram untuk kurang lebih 10 pohon dengan pengurangan NPK maksimal 50%.


Catatan : Aplikasi Power Nutrition pada tanaman yang baru di aplikasikan pertama kali, dapat diulang setiap 2-3 bulan sekali tetapi jika sudah 3 kali diberi Power Nutrition setahun cukup 2-3 kali di beri Power Nutrition.


Dosis Pupuk Nasa Pada Tanaman Buah Nanas

Diameter Batang                                      Dosis

2-5 cm                                                      20  gram

5-10 cm                                                    50  gram

10-30 cm                                                 100 gram

lebih dari 30 cm                                       250 gram

Catatan :

Pengurangan pupuk NPK sampai 90%.



Alternatif Dosis yang Dapat Digunakan




Caranya : larutkan 1 botol dalam 3 liter air jadi larutan induk. dari larutan induk diambil 200cc encerkan dalam 5-10 liter air dan siramkan untuk 1 pohon.




Caranya : larutkan 1 botol dalam 2 liter air jadi larutan induk. dari larutan induk di ambil 200cc encerkan dalam 5-10 liter air dan siramkan untuk 1 pohon.


Pemupukan juga dapat dilakukan dengan menggunakan Pupuk Organik Cair Nasa ( POC NASA ) . Adapun dosisnya adalah 4 tutup Poc Nasa dicampur dengan 15 liter air kemudian semprotkan pada tanaman secara merata


Penggunaan NPK Setelah Menggunakan Pupuk Organik Nasa


Pupuk makro tetap digunakan hanya dapat dikurangi hingga maksimal 90% ( kecuali pakai dosis alternatif ( 75% ) atau ( 50% ) seperti yang telah diuraikan di atas ). 

Untuk tanaman buah yang ditanam di lapangan jika dosis penggunaan Power Nutrition sudah mencapai dosis anjuran, sedangkan untuk tanaman buah yang di tanam dalam pot sudah tidak perlu lagi menggunakan pupuk NPK. 

Untuk tanaman semusim ( horti dan pangan ) pengurangan pupuk makro NPK antara 50-75%.




5. PEMELIHARAAN 

    Penyiangan dan pembersihan gulma dilakukan  2 minggu sekali ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena rumput liar memakan bahan organic dari tanah yang seharusnya untuk tanaman nanas.



6. PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Pengendalian hama tanaman menggunakan Pestona, larutkan 5-10cc per 1liter air. Kemudian semprotkan pada tanaman yang terserang hama secara merata. Untuk hasil maksimal sebaiknya disemprot sesering mungkin minimal 3x per musim.


7. PEMANENAN NANAS

Panen buah nanas dilakukan pada saat tanaman umur 12 bulan.cicir buah nanas siap di panen antara lain:mahkota buah terbuka ,tangkai buah mengecil,mata buah lebih  mendatar dan berbentuk bulat . Cara panen buah nanas ,pilih buah nanas yang telah masak / berbau harum, kemudian potong tangkai buah dengan sabit/ pisau.








Demikianlah sedikit ulasan dari kami tentang Cara Dahsyat Meningkatkan Hasil Panen NANAS  yang kami rangkum untuk para sahabat petani Indonesia khususnya petani NANAS. semoga bermanfaat ..


Salam Sukses !!!.



Untuk informasi lebih jelasnya dan konsultasi  lebih lanjut maupun order Produk NASA mohon untuk menghubungi  kami di :



Hp : 0878 3965 8300

atau kunjungi website kami di :











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DAHSYAT !! DENGAN CARA INI PERTANIAN NANAS PANEN MENINGKAT PESAT !"

Posting Komentar