TAMBAK PERIKANAN UNGGUL DENGAN TEKNOLOGI ORGANIK NATURAL NUSANTARA ( NASA )



Semangat pagi para sahabat petani tambak perikanan Indonesia !!.

Di kesempatan ini kami akan berbagi artikel seputar TAMBAK PERIKANAN UNGGUL DENGAN TEKNOLOGI ORGANIK NATURAL NUSANTARA ( NASA ) . Mengapa kami membahas seputar tambak perikanan unggul dengan menggunakan teknologi NASA " Produk NASA " ?

Pertama, karena saat ini POTENSI di bidang pertambakan semakin tinggi di Indonesia , oleh karenannya disini dibutuhkan Nutrisi ataupun Vitamin dengan keefektifan pertumbuhan lebih atau tingkat  tinggi sekaligus cepat panen dengan mengedepankan Aspek K 3 ( Kuantitas, Kualitas dan Kelestarian ) dalam meningkatkan hasil panen.

Kedua, karena produk-produk nasa sudah terbukti manfaatnya untuk meningkatkan hasil panen di sektor Perikan Tambak.

Ketiga, produk perikanan NASA memang masih menjadi PRIMADONA terbaik untuk budidaya perikanan dengan KEISTIMEWAAN kandungan Nutrisi ( Karbohidrat , Protein, Lemak ) terlengkap dan dengan didukung komposisi benar-benar terbuat dari bahan  ALAMI / ORGANIK ( RIEL ORGANIC ).

Baiklah sahabat yuk mari kita bahas ..

Filosofi pertanian organik menurut khalayak umum adalah ”back to nature”, wacana yang mengemukakan terhadap pemahaman filosofi tersebut bahwa budidaya pertanian organik dilakukan serba alami. Oleh sebab itu PT Natural Nusantara menghadirkan Teknologi khusus tambak dan perikanan dengan Formula alami (organik) untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi serta menjaga/memperbaiki kelestarian lingkungan tambak dengan memberikan mineral-mineral yang dibutuhkan ikan, mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan, serta mengikat logam - logam berat sekaligus membantu mengurai senyawa komplek berbahaya beracun bagi ikan. Adapun tahap-tahap untuk mencapai Tambak Perikanan Unggul Dengan  Teknologi Organik NATURAL NUSANTARA ( NASA ) sebagai berikut :


A. TAHAP PENGURASAN KOLAM/TAMBAK IKAN UNTUK PEMIJAHAN

Pengurasan kolam diawali dengan membuka lubang pengeluaran air, lalu memasukkan air dengan aliran deras sehingga kotoran dalam kolam terbuang.

Setelah itu, pintu pembuangan air ditutup kembali dan air dibiarkan penuh seperti semula. Pengurasan air dalam kolam pemeliharaan induk dan pemijahan harus dilakukan dengan hati-hati agar induk ikan yang ada dalam kolam tidak mengalami stress sehingga pemijahan akan terhambat dan tidak maksimal.

Selama pemijahan berlangsung debit air diatur dalam dua tahap, yakni 5 hari pertama lebih besar dan 5 hari kedua lebih kecil. Debit air dalam 5 hari pertama, bertujuan untuk meningkatkan kandungan oksigen dalam air, memacu nafsu makan induk disamping mengganti air yang menguap. Dengan demikian air yang mengalir ke kolam terlimpas ke luar kolam melalui saluran pengeluaran. Sedangkan untuk 5 hari kedua debit air hanya dimaksudkan untuk mengganti air yang terbuang melalui penguapan sedemikian rupa tanpa melimpaskan air ke kolam. Hal ini bertujuan untuk menghindari hanyutnya larva serta menghindari hilangnya pakan alami yang terdapat di kolam pemijahan, sebagai makanan awal bagi larva.

1. Seleksi Induk
  
Untuk menghasilkan benih yang baik dipilih induk yang benar-benar matang gonad. Matang gonad pada ikan Nila Betina adalah kondisi ikan yang sudah siap untuk dikawinkan (dipijahkan) yang ditandai oleh diameter telur yang sudah mencapai ukuran 2,5 mm – 3,1 mm. Pada ikan jantan, ditandai dengan sperma yang berwarna putih dan kental.
  
Cara menentukan kematangan gonad ikan jantan adalah dengan mengurut perut ikan ke arah anus. Ikan jantan yang telah matang, kelamin akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dan di sekitar perut sampai kepala bagian bawah berwarna merah.


Cara menentukan kematangan gonad ikan betina dengan cara meraba bagian perut dan pengamatan bagian anus. Ikan betina yang telah matang gonad ditandai dengan telur berwarna kuning kehijauan, bagian perut melebar, lunak kalau diraba, bagian anus menonjol dan kemerahan.


2. Terapi Kolam

- isi air setinggi 10 – 15 cm

- Kemudian larutkan 5 sendok makan (sdm) TON + 5 tutup botol POC NASA dengan air ± 10 liter, aduk sampai rata dan siramkan kekolam secara merata, biarkan ± 10 hari

- selanjutnya, tambahkan ketinggian air menjadi ± 45 cm

- 3 sm TON + 3 tutup botol POC NASA larutkan dengan air ± 5 liter dan siramkan kekolam merata, biarkan 1 hari

- masukkan bibit ikan

- setiap 1 minggu sekali kolam diterapi dengan cara, diberi larutan 2 sdm TON + 2 tutup botol POC NASA, dilarutkan dengan air ± 5 liter


- setelah ± 15 hari tambahkan ketinggian air menjadi 70 cm


B. TAHAP PEMBERIAN VITAMIN DAN HORMON PERTUMBUHAN  IKAN

Sama seperti pada usaha pembenihan, usaha pembesaran ikan juga memerlukan vitamin untuk meningkatkan selera makan ikan. Vitamin yang digunakan berupa TON, POC NASA, HORMONIK, VITERNA yang dicampurkan dengan pelet. Takarannya, sama dengan vitamin yang diberikan pada pakan benih.


1. Terapi Pakan

Proses pencampuran dengan produk NASA :

- POC NASA + VITERNA + HORMONIK dicampurkan  menjadi satu, ditempatkan dalam botol tersebut

- Setiap 1 kg pakan dicampur dengan 1 tutup botol campuran tersebut

- Dengan cara, 1 tutup dilarutkan dengan air ± ½ liter lalu dicampur dengan pakan dan diaduk-aduk, dibolak-balik sampai merata

- Selanjutnya diamkan ± 5 menit

- Siap disajikan.


2. Pola Pemberian Pakan

Pada dasarnya pola pemberian pakan untuk usaha pembesaran ikan sama dengan pola pemberian pakan pada usaha pembenihan. Namun, jenis pakan dan porsinya berubah karena disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ikan. Makin besar ikan, makin banyak pakan yang dibutuhkan. Umumnya, ikan cukup diberi makan 3-4 kali sehari, yakni pada pagi (0.00-09.00), sore (16.00-17.00), dan malam hari (20.00-22.00)

Tingkatkan Kualitas Pakan dengan Produk Nasa

Satu hal yang juga menentukan keberhasilan tersebut adalah digunakannya Produk NASA sebagai campuran pembuatan pakannya.

Dosis setiap 1 (satu) ton campuran bahan pakan diberi

4 botol VITERNA,
3 botol POC NASA dan
2 botol HORMONIK

Pemakaian Produk NASA berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan ikan, selain itu produk NASA juga dapat menambah kandungan nutrisi dan cita rasa pakan, sehingga walaupun pellet yang dibuatnya tidak memakai bahan atraktan (bahan untuk menarik indera penciuman ikan) sebagaimana biasa dipakai di pakan pabrik, namun tetap saja peletnya sangat palatable (disukai ikan). Hal itu sudah terbukti.

Pernah juga di uji coba membuat pakan dengan bahan baku yang sama tetapi tidak menggunakan Produk NASA, ternyata pakan pelet yang dihasilkan kurang disukai ikan, nafsu makan ikan juga tidak terpacu dan kandungan nutrisinya tidak memenuhi standar.


C. TAHAP PENGONTROLAN

Pengontrolan yang dilakukan dalam usaha pembesaran ikan dan pengontrolan dalam usaha pembenihan itu sama fungsinya, yaitu untuk memastikan apakah usaha pembesaran ikan yang kita lakukan berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. Ada kendala dan masalah atau tidak. Jika ada masalah, baik itu menyangkut ikan, pakan, air, dan kolam, maka segera kita harus melakukan penyelesaian masalah tersebut.

Pengontrolan bersifat wajib, jika kita menginginkan usaha yang sukses. Jangan berharap untung besar, jika ikan kekurangan pakan, airnya kotor, atau kolam bocor. Ketekunan Anda sangat dibutuhkan dalam usaha budidaya ini.


D. MANFAAT PRODUK NASA UNTUK BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK UNGGUL




1 . Manfaat TON, VITERNA ,POC NASA, dan  HORMONIK :

a. TON berfungsi untuk mempercepat  pertumbuhan  plankton sebagai pakan alami yang disukai ikan, menetralkan & menguraikan senyawa beracun / gas-gas beracun berbahaya, menyelaraskan ekosistem tambak / kolam, mempercepat pertumbuhan ikan, menyediakan suplai oksigen terlarut dalam air sehingga ekosistem kolam manjadi sehat, Meningkatkan kesuburan Perairan sekaligus kesehatan Ikan.






b. VITERNA Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ikan, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ikan.




c. POC NASA mengandung berbagai mineral penting yang befungsi untuk pertumbuhan ikan, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati. Meningkatkan pertumbuhan bobot harian ikan, meningkatkan ketahanan tubuh ikan, dan mengurangi kadar kolesterol daging. 





d. HORMONIK lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ikan. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ikan secara keseluruhan/merata.




e. TANGGUH PROBIOTIK 

Merupakan formula alami yang berfungsi untuk menyempurnakan proses fermentasi didalam pencernaan ikan dan ternak sehingga mampu mempercepat pertumbuhan.

TANGGUH Probiotik terbuat dari bahan-bahan alami murni sehingga aman, dan sehat digunakan. Meningkatkan gizi, cita rasa, dan dapat menekan tingkat kesukaan ternak (palatibilitas). Tangguh Probiotik ini juga berfungsi untuk meningkatkan kesuburan perairan sekaligus kesehatan udang dan ikan.

Bagaimana cara menggunakan TANGGUH PROBIOTIK untuk kolam udang dan ikan?

- Pada tahap persiapan lahan : larutkan TANGGUH probiotik 2-3 liter bersamaan dengan TON (Tambak Organik Nusantara) dengan air secukupnya, lalu siramkan merata ke tanah dasar tambak/kolam (belum ada air)

- Siramkan TAANGGUH probiotik ke air tambak/kolam 2 minggu sekali (bersamaan dengan aplikasi TON) selama 6 kali mulai umur 21 hari. caranya dengan 0,5 liter tangguh probiotik dilarutkan dalam air secukupnya.

- Sedangkan PEMAKAIAN UNTUK PAKAN UDANG & IKAN : larutkan 5 cc (0,5 tutup botol) TANGGUH dan 10 cc VITERNA dalam air secukupnya untuk dicampur dengan 8-10 kg pakan udang/ikan.






Demikianlah artikel ini kami buat semoga bermanfaat bagi para sahabat petani tambak perikanan Indonesia.

Untuk informasi lebih jelasnya dan konsultasi  lebih lanjut maupun order Produk NASA mohon untuk menghubungi  kami di :


Hp : 0878 3965 8300

atau kunjungi website kami di :








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAMBAK PERIKANAN UNGGUL DENGAN TEKNOLOGI ORGANIK NATURAL NUSANTARA ( NASA )"

Posting Komentar